Cara Mempercepat Charging Smartphone

Projekita – Bagi pengguna smartphone, baterai merupakan komponen yang paling sering membuat jengkel. Baru digunakan sebentar, baterai smartphone sudah minta untuk di charge lagi. Tak hanya itu, pengisian daya yang sangat lama juga sering kali membuat pengguna jengkel.

Untuk mengatasi hal tersebut, para produsen smartphone berlomba-lomba untuk memproduksi smartphone dengan kapasitas baterai besar. Tak hanya kapasitas baterai yang ditingkatkan, tapi smartphone juga dilengkapi dengan teknologi pengisian baterai yang sangat cepat atau fast charging.

Dengan adanya teknologi fast charging, pengisian baterai pada smartphone bisa berkali-kali lebih cepat. Saat ini ada banyak teknologi fast charging yang telah dikembangkan, seperti Qualcomm Fast Charging, Vooc, dan lain sebagainya. Untuk dapat mengaktifkan fitur fast charging ini, smartphone dan juga charger harus memiliki teknologi fast charging yang sama.

Tidak sedikit pengguna smartphone belum dapat memaksimalkan teknologi fast charging ini, yang menyebabkan proses pengisian baterai smartphone tetap memerlukan waktu yang lama. Projekita akan berbagi tips cara agar proses charging smartphone menjadi lebih cepat.

Gunakan Adapter Charger yang Support Fast Charging

Gunakanlah adapter charger original dan berkualitas. Pastikan sobat menggunakan charger yang sudah mendukung teknologi fast charging dan memiliki teknologi yang sesuai dengan smartphone yang sobat gunakan.

Gunakan Kabel Charger yang Berkualitas

Gunakan kabel charger yang berkualitas dan dapat menghantarkan listrik sesuai dengan teknologi fast charging yang digunakan. Menggunakan sembarang kabel dapat mengakibatkan tidak aktifnya fitur fast charging, tentu saja akan berdampak kepada proses charging yang lebih lama.

Jangan Menggunakan Komputer atau Laptop

Jangan biasakan mengisi daya smartphone menggunakan komputer atau laptop. Karena selain prosesnya yang sangat lama, aliran listrik yang disalurkan dari komputer atau laptop terkadang tidak stabil. Hal ini tak hanya mempengaruhi lamanya proses pengisian daya, tetapi juga dapat merusak baterai dan smartphone.

Aktifkan Airplane Mode

Dengan mengaktifkan airplane mode cukup efektif untuk mengurangi lamanya waktu pengisian daya smartphone. Dikarenakan dengan diaktifkannya airplane mode, sistem pada smartphone akan memutus seluruh koneksi jaringan, seperti internet, sinyal operator, bluetooth dan lain sebagainya. Hal ini dapat membuat proses pengisian daya menjadi lebih optimal.

Jangan Gunakan Smartphone

Sebisa mungkin jangan gunakan ketika pengisian daya smartphone sedang berlangsung. Dikarenakan pengisian daya akan semakin lama jika smartphone digunakan, terlebih lagi juga digunakan untuk menjalankan game atau aplikasi yang cukup berat.

Matikan Daya Smartphone

Cara ini yang paling efektif untuk mempercepat proses pengisian daya smartphone. Karena ketika smartphone dalam keadaan mati, tidak ada aktivitas yang memerlukan daya lebih pada smartphone. Hal ini dapat membuat pengisian baterai jauh lebih cepat.

Itulah beberapa cara agar proses pengisian daya smartphone menjadi lebih cepat.

Baca juga ya Cara Agar Baterai Smartphone tidak Cepat Rusak.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AKUN MEDIA SOSIAL

25,982FansLike
27,530FollowersFollow
23,591SubscribersSubscribe

Artikel Terbaru