Tips Cara Memilih Charger Smartphone

Projekita – Produsen smartphone berlomba-lomba untuk memproduksi smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Namun, semakin besar kapasitas baterai, maka proses pengisian daya akan semakin lama. Oleh karena itu diperlukan charger yang memiliki teknologi fast charging agar dapat mempercepat proses pengisian daya.

Penggunaan charger dengan fitur fast charging sangat dianjurkan untuk pengisian daya smartphone saat ini. Tetapi jangan menggunakan sembarang charger untuk mengisi daya smartphone sobat. Sebisa mungkin gunakanlah charger original untuk keamanan dan agar smartphone sobat dapat bertahan lama (tidak cepat rusak).

Sebagian besar produsen sudah menyertakan charger dengan teknologi fast charging di paket pembelian. Tetapi jika smartphone yang sobat beli tidak menyertakan charger dengan teknologi tersebut, sobat dapat membeli universal charger yang mendukung teknologi fast charging.

Namun jangan sembarangan membeli charger ya sob, karena penggunaan charger “abal-abal” dapat menyebabkan kerusakan pada baterai, pengisian daya yang lama, bahkan dapat merusak smartphone. Pada kesempatan kali ini projekita akan berbagi tips cara memilih charger smartphone yang berkualitas dan sesuai dengan smartphone yang sobat miliki.

Perhatikan Tegangan Charger

Tegangan charger adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika sobat akan membeli charger. Perhatikan input dan output pada kemasan.

  1. Input
    Input merupakan tegangan listrik yang bekerja pada charger tersebut. Input yang aman digunakan di Indonesia berkisar 110-240V dan dengan frekuansi 50/60hz.
  2. Output
    Output merupakan daya yang dihasilkan oleh charger. Perhatikan voltase dan ampere yang sesuai dengan daya yang dapat diterima oleh smartphone yang sobat miliki. Misalkan charger dengan teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 memiliki output daya sebesar 5V-3A, 9V-2A, 12V-1.5A.

Perhatikan Teknologi Charger

Saat ini ada banyak teknologi fast charging yang beredar dengan output daya yang berbeda-beda. Sobat harus sesuaikan dengan teknologi fast charging yang di gunakan pada smartphone yang sobat miliki. Apakah Qualcomm Quick Charge, Adaptive Charge, VOOC, Super Charge, atau teknologi yang lainnya.

Perhatikan Konektor Kabel Charger

Bisanya pada kemasan charger tertera jenis konektor yang dukung. Jadi jangan salah pilih konektor kabel charger ya sob, sesuaikan dengan konektor pada smartphone yang sobat miliki.

Harga Menentukan Kualitas

Sebisa mungkin jangan membeli charger yang harganya murah, terlebih lagi jika harganya tidak wajar. Ada harga ada kualitas, charger dengan harga yang murah biasanya memiliki komponen tidak berkualitas dan cenderung menghasilkan tegangan yang tidak stabil. Hal ini tentu saja menyebabkan charger cepat rusak, atau bahkan dapat merusak smartphone.

Semoga beberapa tips cara memilih charger smartphone tersebut dapat membantu sobat agar tidak salah ketika memilih charger yang sesuai untuk smartphone yang sobat miliki.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AKUN MEDIA SOSIAL

25,982FansLike
27,530FollowersFollow
23,591SubscribersSubscribe

Artikel Terbaru